KENDALA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD


Muatan lokal kabupaten Batang adalah Bahasa Inggris. Awalnya Bahasa Inggris hanya diajarkan mulai dari kelas  4 sampai dengan 6. Tetapi pada perkembangannya, banyak sekolah yang sudah mulai mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas 1.
Karena merupakan mata pelajaran baru di SD, dalam pelaksanaannya di lapangan banyak terjadi kendala. Yang pertama, belum adanya perangkat pembelajaran dan kurikulum yang yang jelas. Yang kedua, kurangnya tenaga pengajar yang memadai.
Guru-guru yang mengampu Bahasa Inggris di SD dibingungkan dengan belum adanya kurikulum dan perangkat pembelajaran serta materi yang standar yang ditetapkan dari Kabupaten. Selama ini memang belum ada perangkat pembelajaran dan kurikulum yang secara resmi dari Kabupaten. Karena belum ada kejelasan, maka guru-guru yang mengampu Bahasa Inggris SD mengajarkan Bahasa Inggris seadanya. Mereka kebanyakan mengadopsi dari buku-buku pedoman dan LKS-LKS yang ada di pasaran.
Bahasa Inggris di SD kebanyakan masih diampu oleh guru yang basic nya bukan dari Bahasa Inggris. di sekolah-sekolah umumnya Bahasa Inggris diajar oleh guru kelas, guru agama dan guru olahraga yang merangkap. Tentunya ini menjadi masalah, karena apa? Guru yang merangkap dengan mata pelajaran laen biasanya kurang fokus. Selaen secara materi dan metode mereka kurang menguasai. Para guru yang bukan dari Bahasa Inggris perlu belajar dan adaptasi lagi.
Idealnya, Bahasa Inggris di SD diampu oleh guru yang benar-benar menguasai disiplin ilmu Bahasa Inggris. dia juga harus menguasai materi dan  metode pengajarannya yang sesuai dengan perkembangan dan psikologi anak-anak Sekolah Dasar. Mengajar Bahasa Inggris di SD berbeda dengan di sekolah lanjutan. Seorang guru pengajar Bahasa Inggris perlu dan sangat penting menguasai metode Pengajaran Bahasa Inggris di SD. Kenapa bisa demikian?bagi guru yang monoton dan tidak menguasai metode pengajaran Bahasa Inggris, yang ditakutkan adalah baik guru dan siswa akan merasa jenuh dan dan cepat bosan. Salah satu contoh metode yang bisa digunakan untuk pengajaran bahasa Inggris di SD, adalah dengan pendekatan lagu-lagu dan permainan. Kemudian yang tidak kalah penting, seorang guru yang mengampu Bahasa Inggris di SD harus menguasai prononsiasi atau pelafalan vocab dalam bahasa Inggris. Akan sangat fatal jika kita mengajari lafal yang salah kepada anak didik kita.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul KENDALA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Wednesday, March 28, 2012

Belum ada komentar untuk "KENDALA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo